Membangun Disiplin Kerja dan Kepribadian Karyawan di PT Arteria Daya Mulya Cirebon

Dalam dunia kerja yang penuh dengan tantangan, dua faktor penting yang menjadi penentu keberhasilan seseorang adalah memiliki kepribadian yang kuat dan disiplin yang tinggi.

PT Arteriya Daya Mulya yang berlokasi di jalan Dukuh Duwur Nomor 46, Kelurahan Penggambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon ini mulai berdiri sejak tahun 1982. Arteriya Daya Mulya (Arida) merupakan perusahaan yang memproduksi jaring ikan dan benang yang berkualitas tinggi dan unggul.

Pada Jumat 21 Juli 2023, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) melakukan program observasi kepada PT. Arteriya Daya Mulya.

Dalam dunia kerja yang penuh dengan tantangan, dua faktor penting yang menjadi penentu keberhasilan seseorang adalah memiliki kepribadian yang kuat dan disiplin yang tinggi. Hal tersebut akan membantu dalam membangun entias bisnis yang cukup baik.

Kepribadian dimaksud mencakup berbagai karakteristik unik yang mempengaruhi cara kita berpikir, bertindak, dan berinteraksi dengan orang lain. Sementara itu, disiplin kerja mengacu pada kemampuan untuk bekerja secara konsisten, berfokus, dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan. 

Memperkuat kepribadian dan disiplin kerja karyawan adalah salah satu karakteristik utama dalam dalam operasional perusahaan di PT Arteria Daya Mulya dalam membangun perusahaan manufaktur yang memproduksi jaring dan benang ikan. Di bawah arahan Jaya Saputra, perusahaan ini telah melakukan penelitian dengan menggunakan kuesioner yang fleksibel untuk memahami kepribadian setiap karyawan dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan kolaborasi karyawan.

Temuan penelitian tersebut menekankan beberapa sifat penting yang ditetapkan sebagai faktor kepribadian karyawan di PT Arteria Daya Mulya, termasuk ketulusan dan dapat diandalkan, kebijaksanaan, ketepatan waktu dan ketepatan, ketepatan pengambilan keputusan, saling peduli, kerapian, kemampuan beradaptasi, ketenangan, kesopanan, dan penampilan.

Faktor kepribadian karyawan memang sangat dibutuhkan. Akan tetapi, sebagai karyawan tentunya harus memiliki tujuan pribadi dalam melakukan pekerjaan. Harus ada hal yang membuat kita termotivasi untuk terus mencapainya. Entah itu upaya peningkatan kemampuan, mempelajari hal baru, atau mencapai suatu posisi yang Anda idamkan. Dengan begitu, kita akan melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh.

Jika itu bisa diimplementasikan, maka kita akan tampak sebagai pekerja yang andal dan profesional. Memiliki sikap profesional semacam itu bisa membantu dalam membangun karir. Selain itu, integritas dan kejujuran merupakan bagian yang tak kalah penting bagi seorang pekerja, apa pun itu posisinya. Orang yang berintegrasi tentu memiliki pribadi yang jujur dan berkarakter kuat. Jika kita sudah konsisten dalam melaksanakan tindakan, nilai, prinsip dan ekspektasi berarti kita memiliki integritas. Lebih luas lagi, integritas menyangkut soal nurani yang meliputi ketulusan dan komitmen.

Dengan melakukan upaya ini, karyawan PT Arteria Daya Mulya menunjukkan dedikasinya untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Keterlambatan karyawan yang rendah dan perhatian terhadap peraturan di tempat kerja, dan kebijakan perusahaan merupakan tanda disiplin kerja yang tinggi.

Karyawan PT Arteria Daya Mulya berdedikasi untuk menjunjung tinggi lingkungan kerja yang adil, dan memberikan penghargaan yang layak bagi setiap karyawannya dalam upaya untuk secara konsisten meningkatkan disiplin kerja yang dijunjung tinggi. Tujuan utamanya adalah untuk menumbuhkan interaksi positif antara manajemen dan karyawan dalam upaya meningkatkan kinerja bisnis.

Dedikasi korporasi PT Arteria Daya Mulya untuk meningkatkan moral dan kepribadian karyawan merupakan langkah terpuji yang dapat bermanfaat bagi kesuksesan, dan perluasan bisnis di masa depan. Dengan bantuan dan kerja sama dari setiap karyawan, bisnis ini siap untuk menghadapi kesulitan dan membuat langkah yang lebih besar di masa depan.

Kualitas karyawan yang baik di PT Arteria Daya Mulya ini terbagi kedalam beberapa bagian pekerjaan di dalam PT tersebut, seperti operator bagian jaring operator bagian benang dan tambang, operator bagian sekoci, operator bagian extruder dan spinning, operator bagian fns mesin depth, stretching, operator bagian fns dyeing, dan divisi lainnya.

Selain itu, beberapa bagian pekerjaan itu menghasilkan produk yang berbeda-beda, tentu saja sesuai dengan kualitas dan fashion dari karyawan tersebut yang memiliki skil yang berbeda sehingga menghasilkan produk yang berbeda pula. Produk yang di hasilkan karyawan tersebut diantaranya nylon multifilament yarn, nylon multifilament twine, nylon multifilament net, nylon monofilament twine, nylon monofilament net, nylon mono-multifilament net, polyethylene twine, polyethylene net, dan polyethylene rope.

———–

Dosen pebimbing : Ario Purdianto., S.E., MM.
Dosen Pengampu: Lisa Harry Sulistiyowati, S.E., MM.

Anggota kelompok :

  1. Ahmad Muhammad Rizal Fatkurrohman
  2. Anggeli Marcela Nathanael
  3. Bentang Khoerunnisa
  4. Dhenisa Dewi Sulaeman
  5. Erika Fauziah
  6. Fajar Ghiffary
  7. Ghina Imaniar
  8. Hary Siswanto
  9. Lukas Natanael Pasaribu
  10. Lutfiyanah Tanjung
  11. Mohamad Ikbal Santoso
  12. Muhamad Ramdhansyah
  13. Nabila Fawziah
  14. Nauval Ramadhan
  15. Riki Fernando
  16. Safira Hanief Mardhotillah
  17. Wenda Surya Lugina
By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.